WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

Kegiatan ini dilakukan dengan mengacu  pada upaya  Peningkatan Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,  sekaligus mengantisipasi surat Dirjen Dikti yang mewajibkan semua Karya Ilmiah Program Sarjana, Magister dan Doktor lulusan setelah bulan Agustus 2012 harus dimuat di Jurnal Ilmiah. Dalam Surat Dirjen Dikti disebutkan bahwa untuk setiap karya ilmiah dengan jenjang Program Sarjana harus di terbitkan dalam Jurnal Nasional tidak terakreditasi (ISSN), Magister harus diterbitkan pada Jurnal Nasional Terakreditasi, dan Program Doktor pada Jurnal Internasional.

Dalam rangka pengejawantahan Surat Dirjen Dikti tersebut,  Ketua STIE Indonesia Malang Prof.Dr.Hj.Setyaningsih,SE,  mengadakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah, yang diperuntukkan bagi segenap dosen. Topic Workshop ditekankan pada : Penulisan Artikel Ilmiah Dan Kiat-Kiat Menembus Jurnal Internasional.

Pada Kesempatan tersebut,  Prof.Dr.Hj. Setyaningsih,SE, juga menyampaikan sekilas tentang kegunaan Workshop tersebut, yaitu:

  1. Bagi Para Dosen, penulisan artikel dan buku merupakan salah satu prasyarat untuk kenaikan pangkat.
  2. Bagi lembaga, Penulisan artikel dan buku merupakan salah satu indicator dan peningkatan mutu keilmuan.

Workshop ini dilaksanakan selama 2 hari yakni tgl 21 s/d 22 September 2012, bertempat di Lantai 2 Gedung C STIE Indonesia Malang. Diharapkan,  selama proses Workshop berlangsung, para peserta dapat menyelesaikan paling tidak 1 artikel untuk dimuat di Jurnal Akademika dan Jurnal Manajerial.  Untuk lebih meningkatkan penguasaan materi yang diberikan,  metode yang dipergunakan  dalam  workshop ini  adalah dengan mengaplikasikan model  Applied Aproach, sehingga peserta Work shop bisa langsung berinteraksi dengan pemateri dan bisa diciptakan komunikasi multi arah.